MY SPIRIT

KADO TERINDAHKU DI TAHUN BARU INI ADALAH KAMU SUAMIKU MY LIFE MY SPRIT, I LOVE YOU SO MUCH

Sabtu, 23 Mei 2015

Jambu Biji



Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah yang mudah tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1200 meter dari permukaan laut bisa kita dapatkan dengan mudah. Begitu banyaknya peminat buah ini sehingga berbagai macam produkpun bermunculan dipasaran dengan menjadikan buah ini sebagai nilai jual yang tinggi dalam berbagai merek. Rasanya yang enak dan daging buahnya yang sedikit menantang serta kumpulan bijinya menjadi salah satu kekhasan dari buah ini sehingga terasa enak dilidah. Siapa sangka ternyata dalam dunia kesehatan buah ini sangat populer karena mampu mengobati berbagai macam penyakit. Mengintip kandungan kimianya ternyata buah ini mengandung tanin, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam guajaerin, asam kratogolat, asam oleanolat dan juga vitamin. Melihat kandungannya alangkah baiknya kita paparkan satu persatu manfaat apa saja yang dimiliki si jambu biji ini:

·        Diabetes melitus
Penyakit gula ataupun diabetes melitus bisa diminimalisir dengan cara mengkomsumsi buah jambu biji ini ataupun dengan meramunya menjadi obat. Caranya cukup ambil satu buah jambu biji lalu belah menjadi 4 bagian setelah itu masukkan kedalam satu liter air lalu rebus hingga mendidih, setelah itu saring. Nah air rebusannya diminum hingga 2 kali sehari yakni padaa saat pagi dan sore.

·        Maag
Penyakit maag salah satu penyakit yang sudah booming sering menyerang mereka yang tidak pernah sarapan pagi sebelum beraktifitas sehingga menyebabkan terjadinya iritasi disekitar lambung yang menimbulkan rasa nyeri dan efek perih di sekitar perut sebelah kiri. Nah ternyata jambu bii ini mampu mengobati kelebihan asam pada lambung kita. Caranya anda siapkan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian rebus pada air mendidih sebanyak 1,5 liter. Setelah itu angkat lalu saring airnya kemudian minum airnya sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

·        Diare
Diare terjadi karena begitu banyaknya Eschercia colli dibagian saluran pencernaan yang menyebabkan feses menjadi encer. Jadi diare biasa juga disebut sebagai mencret. Cara mengobatinya cukup ambil daun jambu biji sebanyak  5 lembar, 1 potong akar, kulit dan batang lalu rebus pada air sebanyak 1,5 liter air sampai mendidih kemudian saring airnya lalu minum hinga 2 kali sehari.

·        Masuk angin
Masuk angin atau meriang juga bisa diobati dengan menggunakan tanaman yang satu ini. Pertama-tama siapkan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda tepatnya siapkan pucuknya, 1 butir cabai merah, asam sebanyak 3 mata, 1 potong gula kelapa lalu tambahkan garam secukupnya. Lalu rebus smeua bahan-bahan tersebut pada satu liter air hingga mendidih. Setelah itu angkat kemudian saring lalu minumlah selama 2 kali sehari.


·        Beser
Beser atau sering kencing berlebihan juga bisa diobati dengan menggunakan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (disangrai). Kemudian rebus bahan-bahan tersebut pada 2,5 gelas air sampai airnya tinggal segelas lalu saringlah hasilnya kemudian minum air tesebut tiap 3 jam. Setiap minum sebanyak 3 sendok makan.


·        Sariawan
Sariawanpun bisa dicegah dengan menyiapkan 1 genggam daun jambu biji yang masih muda ditambah dengan masak dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu saring kemudian komsumsi sebanyak 2 kali sehari.

·        Luka baru
Luka baru biasanya menyebabkan keluarnya darah namun hal tersebut bisa dicegah dengan cara 3 pucuk daun jambu biji dikunyah setelah lembut maka tempelkan pada daerah yang luka tersebut.

·        Sakit kulit
Kadang kita merasa didaerah tertentu tubuh kita terasa sakit tanpa kita tahu apa penyebabnya, namun itu bukanlah masalah karena bisa diatasi dengan cara siapkan 1 genggam daun jambu bii yang masih muda ditambah 7 kuntum bunga jambu biji lalu tumbuklah secara bersamaan sampai halus  lalu gosokkan dibagian kulit yang sakit.
Nah itulah kandungan dahsyat yang dimiliki oleh jambu biji. Tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan buah yang satu ini. Tetaplah menjaga kesehatan dan rajinlah berolahraga. Semoga artikel ini bermanfaat J

Tidak ada komentar: