MY SPIRIT

KADO TERINDAHKU DI TAHUN BARU INI ADALAH KAMU SUAMIKU MY LIFE MY SPRIT, I LOVE YOU SO MUCH

Minggu, 14 Agustus 2016

IDE KENDARAAN PEDESAAN UNTUK INDONESIA AMAN, SEHAT DAN SEJAHTERA

       Berbicara tentang pedesaan berarti bukan membahas satu aspek saja. Apalagi jika berbicara tentang ide kendaraan  yang cocok digunakan di pedesaan. Perlu diketahui bahwa tidak semua daerah di pedesaan telah tersentuh dengan pelicin jalanan alias sudah di aspal. Seperti di daerah saya sebagian daerah sudah ada yang tersentuh dengan aspal namun masih banyak area atau titik-titik lain yang jalanannya masih terbilang kurang bagus, bahkan sangat tidak bagus. Jangankan tersentuh pelicin jalanan, akses ke area tersebutpun terbilang susah dikarenakan kondisi jalannya yang berlumpur dan liat. Tentunya itu sangat membahayakan jika kita berkendara dengan menggunakan kendaraan beroda 2 bahkan kendaraan beroda 4 yang menggunakan ban yang permukaan bannya memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar maka bisa terbenam ke dalam lumpur juga.
        Mengamati kondisi jalan dipedesaan tersebut maka terbersitlah ide ingin mengembangkan sebuah kendaraan yang cocok dan pas untuk tipe-tipe jalanan yang ada dipedesaan. Tidak hanya meninjau jalanan namun melihat kondisi penduduk pedesaan pada umumnya jika ingin berkendara entah itu mau kemana, pasti barang bawaannya sangat banyak maka diperlukan kendaraan yang berkapasitas besar namun nyaman suasananya. Berikut adalah gambar ide kendaraan versi saya meninjau kondisi jalanan di pedesaan.

 Ban

Karena ini berbicara tentang jalanan maka yang paling utama diperhatikan adalah ban mobilnya. Menurut saya ban yang cocok untuk menghadapi kondisi jalanan yang ada di semua titik pedesaan terkhusus di Indonesia adalah All Terrain. Tipe ban yang satu ini sangat nyaman digunakan karena tidak menimbulkan suara gesekan yang terlalu keras beda dengan tipe Mud Terrain yang suara gesekannya lebih ribut dan kasar. Tipe All Terrain memang terkhusus dirancang untuk daerah indonesia yang yang terkenal dengan iklim tropisnya. Artinya kondisi cuaca antara hujan dan kemaraunya seimbang, sehingga tipe ban All Terrain  yang mampu melewati jalanan yang berbatu, basah dan juga tanah cocok untuk daerah pedesaan.



·         Kursi
       Untuk tipe tempat duduk sebaiknya tidak perlu disekat antara kursi yang satu dengan yang lainnya. Lebih bagusnya model kursinya memanjang saja supaya memuat lebih banyak orang. Biasanya dipedesaan itu tipe mobil yang umumnya ada mampu memuat 11 orang dengan posisi 3 orang di depan bersama supir dan bagian tengah 4, begitu juga dibagian belakang muat dengan 4 orang. Semakin besar kapasitas mobil maka semakin bagus pula dan cocok untuk daerah pedesaan.


·         Bagasi

Nah bagasi ini sangat penting. Jika ingin menciptakan mobil untuk area pedesaan sebaiknya tempat penyimpanan barang-barangnya mestinya mampu menampung banyak barang. Pengalaman saya sebagai orang yang lahir di desa, biasanya kalau bagasi bagian belakang penuh maka salah satu yang menjadi sasaran mereka adalah menyimpan barang-barang dibawah tempat duduk. Otomatis kami sebagai penumpang merasa terganggu jika dibawah tempat duduk terganjal oleh sesuatu sehingga kakipun tidak bisa lurus dan harus dilipat menyesuaikan barang yang ada dibawah kaki kita. Bisa dibayangkan kan ironisnya, apalagi jika menempuh perjalanan yang sangat jauh selama berjam-jam maka bisa-bisa darah diarea kaki akan menggumpal karena terlipat terus.


·         Bagian Belakang (Penutup Bagasi)
            Mungkin sebaiknya penutup bagian bagasi itu tidak perlu dibuat lurus amat. Dibuat sedikit cembung keluar untuk mengakali kafasitas bagasi jadi bisa berdampak pada penampung barang yang bertambah luas. Tapi jangan terlalu cembung disesuaikan dengan kondisi ataupun bentuk kendaraannya.

·         Bumper
        Melengkapi mobil dengan bumper itu lebih baik. Selain mobil terlihat lebih stylish, bumper juga berfungsi untuk meminimalisir akibat yang ditimbulkan saat terjadi kecelakaan. Untuk bentuk mobil kita bisa memilih jenis bumper fiber ataupun bumper besi. Kedua bumper ini sama-sama mudah dibentuk dan itu sesuai selera kita. Untuk tingkat kekuatan tentunya bumper besi lebih kuat dari pada bumper fiber.

·         Aksesoris
               Dimana-mana mobil itu tidak lengkap rasanya kalau tidak punya aksesoris, terkhusus dibagian dalam mobilnya. Kalau di daerah saya bahkan saking pentingnya hiburan itu, ada tukang bajak sawah yang melengkapi alat bajaknya dengan monitor Light Emitting Diode (LED). Kalau traktor saja sudah bisa dipasangi monitor LED, maka tidak salah kalau monitor LED pun dipasang di mobil. Biar supir tidak cepat mengantuk dan penumpangnyapun tidak cepat bosan. Semua aksesoris pada mobil itu tergantung dengan selera pemiliknya.

Itulah pemaparan saya untuk ide kendaran khususnya jenis kendaraan mobil. Selanjutnya adalah ide kendaraan pedesaan yang lebih murah dan lebih bersifat pribadi yakni sepeda.

Siapa yang tidak suka dengan sepeda? Jangankan di desa bahkan di kotapun sepeda banyak diganrungi oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Bahkan ada beberapa orang membuat perkumpulan khusus bagi mereka yang merasa dirinya adalah pecinta sepeda. Menggunakan sepeda memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, bahkan di sebagian negara berkembang ataupun negara maju, ada yang mewajibkan penduduknya untuk menggunakan jenis kendaraan ini di area tertentu.

Selain simpel dan ringan menggunakan sepeda juga sangat sehat karena tidak menyebabkan polusi udara. Sehingga persentasi ketersediaan oksigen (O2) di daerah tersebut lebih banyak dibandingkan karbondioksida (CO2). Meskipun Indonesia di juluki sebagai paru-paru dunia namun pesrsentasi pemakai kendaraan yang mengakibatkan polusi udara sangat tinggi. Jadi dengan bersepeda akan meminimalisir terjadinya efek rumah kaca atau yang dikenal sebagai Global warming.
 Jika difikir-fikir untuk menciptakan sepeda yang membutuhkan tenaga surya saja maka persentase pemakaian sepeda di musim hujan bisa terbilang jarang atau bahkan fungsi sepeda tersebut bakalan sama dengan sepeda-sepeda pada umumnya. Apalagi di negeri kita ini persentase musim hujan hampir seimbang dengan kemaraunya. Maka yang ada di benak saya sekarang ini, ingin menciptakan sepeda yang tidak bikin capek, tidak musti memakai tenaga surya atau bahkan harus di cas dengan menggunakan listrik dulu.

Masih ada yang ingat dengan masa kecilnya? Bahkan sampai sekarangpun masih ada dan banyak jenis mainan anak-anak seperti mobil-mobilan yang jika ditekan lalu mobilnya ditarik kebelakang kemudian dilepas maka mobil itu akan berjalan dengan sendirinya.


sumber:http://g02.a.alicdn.com
Dalam fikiran saya saat ini, ingin menciptakan jenis sepeda yang cara kerjanya hampir sama dengan mobil-mobilan tersebut. Mobil-mobilan itu digerakkan oleh pegas yang sesuai dengan kafasitas mainannya. Begitupula dengan sepeda jika dilengkapi dengan beberapa pegas serta ditambahkan dengan komponen-kompone pendukung maka akan tercipta sepeda yang bisa irit tenaga namun memakainya tetap dikayuh. Bedanya jika sepeda pada umumnya harus dikayuh terus menerus agar bisa bergerak, maka sepeda yang berkekuatan pegas ini tidak harus dikayuh terus. Karena daya pegas pada sepeda itu akan menyimpan energi tersendiri sehingga akan lebih meminimalisir jumlah kayuhan yang dilakukan sipengendara.


Sekarang hanya ada dua pilihan, membeli jenis mobil yang cocok untuk berkendara di desa atau menciptakan sepeda pegas yang lebih bersahabat dengan suasana di desa. Semua tergantung dari pilihan anda. Semua itu agar Indonesia lebih maju, sehat dan sejahtera.



Tidak ada komentar: