Berbicara
tentang pedesaan berarti bukan membahas satu aspek saja. Apalagi jika berbicara
tentang ide kendaraan yang cocok
digunakan di pedesaan. Perlu diketahui bahwa tidak semua daerah di pedesaan
telah tersentuh dengan pelicin jalanan alias sudah di aspal. Seperti di daerah
saya sebagian daerah sudah ada yang tersentuh dengan aspal namun masih banyak
area atau titik-titik lain yang jalanannya masih terbilang kurang bagus, bahkan
sangat tidak bagus. Jangankan tersentuh pelicin jalanan, akses ke area
tersebutpun terbilang susah dikarenakan kondisi jalannya yang berlumpur dan
liat. Tentunya itu sangat membahayakan jika kita berkendara dengan menggunakan
kendaraan beroda 2 bahkan kendaraan beroda 4 yang menggunakan ban yang
permukaan bannya memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar maka bisa terbenam
ke dalam lumpur juga.
Mengamati
kondisi jalan dipedesaan tersebut maka terbersitlah ide ingin mengembangkan
sebuah kendaraan yang cocok dan pas untuk tipe-tipe jalanan yang ada dipedesaan.
Tidak hanya meninjau jalanan namun melihat kondisi penduduk pedesaan pada
umumnya jika ingin berkendara entah itu mau kemana, pasti barang bawaannya
sangat banyak maka diperlukan kendaraan yang berkapasitas besar namun nyaman
suasananya. Berikut adalah gambar ide kendaraan versi saya meninjau kondisi
jalanan di pedesaan.
Ban
Karena ini berbicara
tentang jalanan maka yang paling utama diperhatikan adalah ban mobilnya. Menurut
saya ban yang cocok untuk menghadapi kondisi jalanan yang ada di semua titik
pedesaan terkhusus di Indonesia adalah All
Terrain. Tipe ban yang satu ini sangat nyaman digunakan karena tidak
menimbulkan suara gesekan yang terlalu keras beda dengan tipe Mud Terrain yang suara gesekannya lebih
ribut dan kasar. Tipe All Terrain
memang terkhusus dirancang untuk daerah indonesia yang yang terkenal dengan
iklim tropisnya. Artinya kondisi cuaca antara hujan dan kemaraunya seimbang,
sehingga tipe ban All Terrain yang mampu melewati jalanan yang berbatu,
basah dan juga tanah cocok untuk daerah pedesaan.
·
Kursi
Untuk tipe tempat duduk sebaiknya tidak perlu disekat antara
kursi yang satu dengan yang lainnya. Lebih bagusnya model kursinya memanjang
saja supaya memuat lebih banyak orang. Biasanya dipedesaan itu tipe mobil yang
umumnya ada mampu memuat 11 orang dengan posisi 3 orang di depan bersama supir
dan bagian tengah 4, begitu juga dibagian belakang muat dengan 4 orang. Semakin
besar kapasitas mobil maka semakin bagus pula dan cocok untuk daerah pedesaan.
·
Bagasi
Nah bagasi ini sangat penting. Jika ingin menciptakan mobil
untuk area pedesaan sebaiknya tempat penyimpanan barang-barangnya mestinya
mampu menampung banyak barang. Pengalaman saya sebagai orang yang lahir di
desa, biasanya kalau bagasi bagian belakang penuh maka salah satu yang menjadi
sasaran mereka adalah menyimpan barang-barang dibawah tempat duduk. Otomatis
kami sebagai penumpang merasa terganggu jika dibawah tempat duduk terganjal
oleh sesuatu sehingga kakipun tidak bisa lurus dan harus dilipat menyesuaikan
barang yang ada dibawah kaki kita. Bisa dibayangkan kan ironisnya, apalagi jika
menempuh perjalanan yang sangat jauh selama berjam-jam maka bisa-bisa darah
diarea kaki akan menggumpal karena terlipat terus.
·
Bagian Belakang (Penutup Bagasi)
Mungkin sebaiknya penutup bagian bagasi itu tidak perlu
dibuat lurus amat. Dibuat sedikit cembung keluar untuk mengakali kafasitas bagasi
jadi bisa berdampak pada penampung barang yang bertambah luas. Tapi jangan
terlalu cembung disesuaikan dengan kondisi ataupun bentuk kendaraannya.
·
Bumper
Melengkapi mobil dengan bumper itu lebih baik. Selain mobil
terlihat lebih stylish, bumper juga
berfungsi untuk meminimalisir akibat yang ditimbulkan saat terjadi kecelakaan.
Untuk bentuk mobil kita bisa memilih jenis bumper fiber ataupun bumper besi.
Kedua bumper ini sama-sama mudah dibentuk dan itu sesuai selera kita. Untuk
tingkat kekuatan tentunya bumper besi lebih kuat dari pada bumper fiber.
·
Aksesoris
Dimana-mana mobil itu tidak lengkap rasanya kalau tidak punya
aksesoris, terkhusus dibagian dalam mobilnya. Kalau di daerah saya bahkan
saking pentingnya hiburan itu, ada tukang bajak sawah yang melengkapi alat
bajaknya dengan monitor Light Emitting Diode (LED). Kalau traktor saja sudah bisa dipasangi monitor LED, maka tidak salah kalau monitor LED pun dipasang di mobil. Biar supir tidak
cepat mengantuk dan penumpangnyapun tidak cepat bosan. Semua aksesoris pada
mobil itu tergantung dengan selera pemiliknya.
Itulah pemaparan saya untuk ide kendaran khususnya jenis
kendaraan mobil. Selanjutnya adalah ide kendaraan pedesaan yang lebih murah dan
lebih bersifat pribadi yakni sepeda.
Siapa yang tidak suka dengan
sepeda? Jangankan di desa bahkan di kotapun sepeda banyak diganrungi oleh
orang-orang dari berbagai kalangan. Bahkan ada beberapa orang membuat
perkumpulan khusus bagi mereka yang merasa dirinya adalah pecinta sepeda.
Menggunakan sepeda memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, bahkan di sebagian
negara berkembang ataupun negara maju, ada yang mewajibkan penduduknya untuk
menggunakan jenis kendaraan ini di area tertentu.
Selain simpel dan ringan
menggunakan sepeda juga sangat sehat karena tidak menyebabkan polusi udara.
Sehingga persentasi ketersediaan oksigen (O2) di daerah tersebut lebih banyak
dibandingkan karbondioksida (CO2). Meskipun Indonesia di juluki sebagai
paru-paru dunia namun pesrsentasi pemakai kendaraan yang mengakibatkan polusi
udara sangat tinggi. Jadi dengan bersepeda akan meminimalisir terjadinya efek
rumah kaca atau yang dikenal sebagai Global
warming.
Jika difikir-fikir untuk
menciptakan sepeda yang membutuhkan tenaga surya saja maka persentase pemakaian
sepeda di musim hujan bisa terbilang jarang atau bahkan fungsi sepeda tersebut
bakalan sama dengan sepeda-sepeda pada umumnya. Apalagi di negeri kita ini
persentase musim hujan hampir seimbang dengan kemaraunya. Maka yang ada di benak
saya sekarang ini, ingin menciptakan sepeda yang tidak bikin capek, tidak musti
memakai tenaga surya atau bahkan harus di cas dengan menggunakan listrik dulu.
Masih ada yang ingat dengan masa kecilnya? Bahkan sampai sekarangpun masih ada dan banyak jenis mainan anak-anak seperti mobil-mobilan yang jika ditekan lalu mobilnya ditarik kebelakang kemudian dilepas maka mobil itu akan berjalan dengan sendirinya.
sumber:http://g02.a.alicdn.com |
Dalam fikiran saya saat ini, ingin
menciptakan jenis sepeda yang cara kerjanya hampir sama dengan mobil-mobilan
tersebut. Mobil-mobilan itu digerakkan oleh pegas yang sesuai dengan kafasitas
mainannya. Begitupula dengan sepeda jika dilengkapi dengan beberapa pegas serta
ditambahkan dengan komponen-kompone pendukung maka akan tercipta sepeda yang
bisa irit tenaga namun memakainya tetap dikayuh. Bedanya jika sepeda pada
umumnya harus dikayuh terus menerus agar bisa bergerak, maka sepeda yang
berkekuatan pegas ini tidak harus dikayuh terus. Karena daya pegas pada sepeda
itu akan menyimpan energi tersendiri sehingga akan lebih meminimalisir jumlah
kayuhan yang dilakukan sipengendara.
Sekarang hanya ada dua pilihan,
membeli jenis mobil yang cocok untuk berkendara di desa atau menciptakan sepeda
pegas yang lebih bersahabat dengan suasana di desa. Semua tergantung dari
pilihan anda. Semua itu agar Indonesia lebih maju, sehat dan sejahtera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar